Senin, 10 November 2014

Yuk, Baca Al-Qur'an

Assalamu'alaikum shobat Azzamers,, gimana kabar antum semua ? sekarang ane hadir lagi nih, dengan tulisan-tulisan yang InsyaAllah bermanfaat,,
Kali ini ane akan bahas tentang Keutamaan membaca Al-qur'an,, 
Sebenarnya, Baca Al qur’an, penting nggak sih ??

Membaca Al-qur’an itu, penting nggak buat kita? Apalagi kita sebagai mahasiswa yang kesehariannya bergelut dengan kesibukan yang teramat padat. Entah itu tugas kuliah, laporan praktikum, organisasi, apalagi kalau sudah sampai high semester,   bakalan berperang sama yang namanya skripsi. 

Namun meskipun kita yang notaben nya sebagai mahasiswa yang super duper sibuk, tetap harus menjadikan Al-qur’an sebagai kitab yang wajib kita baca sehari-hari. Jangan sampai dengan kesibukan dunia kemudian menjadikan kita melalaikan atau sampai-sampai  meninggalkan amalan nafilah yang satu ini. 

Karena dengan membaca Al-qur’an, akan banyak manfaat yang kita peroleh. Memelihara amaliah ibadah baik yang fardhu ataupun yang sunnah, keduanya senantiasa kita jaga secara istiqomah hingga akhir hayat, kita jalankan secara istiqomah karena istiqomah lebih baik daripada seribu karomah. “Istiqomah khoirum min alfi karomah” dan semua hanya mengharap ridho Allah SWT.

Sebagai seorang muslim menjalani amalan-amalan yang wajib itu sudah harus, tapi memelihara amalan yang sunnah ini kadang terlupakan, padahal yang sunnah-sunnah ini adalah seabagai penutup apabila ada kekurangan pada ibadah yang fardhu.

Lalu apa sih pentingnya Al-qur’an ? Nah, Banyak sekali manfa’at manfa’at yang akan kita dapat dengan membaca Al-qur’an, nggak percaya? Yuk kita simak :

Alqur’an adalah petunjuk dan pedoman hidup bagi umat manusia. Jadi, jika kita ingin selamat dunia akhirat, gunakan Al-qur’an sebagai the way of life atau pedoman hidup kita. Dengan kita menjadikan Al-Qur’an sebagai dasar dan pedoman kita dalam menjalani kehidupan, InsyaAllah kita akan menjalani hidup dengan mudah. Karena, segala perkara dan urusan hidup telah ditentukan dan dijelaskan panjang lebar dalam Al-qur’an. Seperti tata cara beribadah, tata cara bermuamalat, semuanya telah diatur di dalam Al-qur’an. Sesuai dengan Firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 2. Yang artinya : “Kitab Al-qur’an itu tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa.” 

Al-Qur’an mampu menghilangkan segala ke”galau”an manusia. Tentu dalam menjalani kehidupan tidak pernah terlepas yang namanya masalah-masalah dan segala sesuatu di luar harapan kita. Apalagi sebagai mahasiswa yang mungkin tak jarang galau karena tugas kuliah yang menumpuk, laporan praktikum yang menunggu, skripsi yang tak kunjung selesai, finansial yang membengkak, masalah dengan dosen, teman, dkk. Ke-galau-an itu dapat dihilangkan dengan membaca Al-Qur’an. Coba kita ambil wudhu, kemudian duduk manis dengan membaca Al-qur’an sambil mentadabburi maknanya. Maka kesedihan dan ke-galau-an kita akan terasa hilang. Karena sesuai dengan Kalam Allah QS. Yunus:57 yang artinya :
“ Wahai sekalian manusia, telah datang nasehat dari Tuhanmu ( Al-qur’an ) dan sebagai obat bagi yang berada di dalam dada ( hati ), dan sebagai petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.”
Namun hal tersebut juga harus dilakukan dengan usaha/ikhtiar nyata untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Jangan nanti kita hanya membaca Al-Qur’an saja seharian namun tugas-tugas atau laporan praktikum dibiarkan menumpuk. Bukan itu yang dimaksud disini. Jadi jika hati merasa sedih dan merasa merana, maka dengan mendekatkan diri kepada Allah, maka hati akan menjadi tenang dan jernih. “Ingatlah bahwa dengan mengingat Allah, hati menjadi tenang”. Dan dengan membaca Al-qur’an, maka secara otomatis kita akan ingat kepada Allah karena kita sedang membaca kalam-kalamNya.

Dengan membaca dan mengamalkan Al-qur’an, kita akan mampu memakaikan mahkota pada orangtua kita di hari kiamat. Menurut salah satu hadist dari Ahmad, Abu Daud-At Targhib “Barngsiapa yang membaca Al-qur’an dan mengamalkan apa yang terkandung didalamnya, amaka kedua orangtuanya akan dikenakan mahkota pada hari kiamat yang cahayanya melebihi cahaya matahari seandainya ada di dalam rumah-rumah kalian di dunia ini. Maka bagaimanakah perkiraanmu mengenai orang yang mengamalkannya ?....... Lalu kedua orangtuanya bertanya kepada Allah “ Yaa Allah, mengapa kami diperlakukan seperti ini ?” jawab Allah “ ini adalah pahala bacaan al-Qur’an anakmu”
Dalam suatu hadist disebutkan pula :
“ Barangsispa yang mengajarkan anaknya membaca Al-Qur’an, maka dosa-dosanya yang akan datang dan yang telah lalu akan diampuni. Dan barangsiapa mengajarkan anaknya sehingga menjadi Hafidz Al-Qur’an, maka pada hari kiamat ia akan dibangkitkan dengan wajah yang bercahaya seperti cahaya bulan purnama, dan dikatakan kepada anaknya “ mulailah membaca Al-qur’an,” ketika anaknya mulai membaca satu ayat Al-qur’an, orangtuanya dinaikkan satu derajat, hingga terus bertambah tinggi sampai tamat bacaannya.”

Sebuah kajian baru membuktikan bahwa semakin banyak hafalan seseorang terhadap Al-quranul karim, maka semakin baik pula kesehatan. Dr. Shalih bin Ibrahim Ash Shani’, guru besar psikologi di Universitas Al-Imam bin Saud Al-Islamiyyah, Riyadh, meneliti dua kelompok responden, yaitu mahasiswa/i Universitas King Abdul Aziz yang jumlahnya 170 responden, dan kelompok mahasiswa Al Imam Asy Syatibhi yang juga berjumlah 170 responden. Penelitian ini menemukan adanya korelasi positif antara peningkatan kadar hafalan dengan tingkat kesehatan psikis, dan mahasiswa yang unggul di bidang hafalan itu memiliki tingkat kesehatan psikis dengan perbedaan yang sangat jelas.

Subhanallah, begitu banyak manfaat yang akan kita peroleh dengan mengamalkan ibadah ini. Yang diatas tadi hanya beberapa saja manfaat dari membaca Alqur’an. Masih banyak manfaat-manfaat lain yang akan kita dapatkan dari membaca Al-qur’an. Semoga Dengan membaca, kemudian mentadaburi, mengamalkan, apalagi jika kita mampu menghafalkan AL-qur’an, semoga Rahmat Allah selalu bersama kita, dan menjadikan kita manusia yang selamat dunia dan akhirat. Amiiin
Yuk, baca Al-quran ... 

1 komentar: